Pilihan IDE Untuk Android Developer

Sekarang ini dunia sudah memasuki zona yang lebih sempit, setelah era website commerce, sekarang eranya sudah beralih menuju mobile commerce. Dunia sempit dalam layar smartphone.

Untuk bisa menikmati pengalaman melakukan aktifitas pada smartphone, kita membutuhkan aplikasi yang terinstal di smatphone kita, baik itu Android, iOS atau yang lainnya (masih ada ga ya yang lainnya?)

Nah, untuk programer, tentu kita membutuhkan kemampuan khusus dalam membuat aplikasi mobile. Untuk ngoding Android, mungkin pengetahuan akan bahasa pemrograman java akan sangat berguna. Biasanya saya menggunakan Android Studio, lebih terasa dekat dibanding dengan eclipse, kalau menggunakan Eclipse rasanya JAVA bangget.

Untuk yang pengen bisa ngoding aplikasi iOS, monggo belajar yang namanya Objective-C. Toolsnya menggunakan Xcode, saya ga tau apakah bisa running di windows, sejauh yang saya tau hanya Xcode SDK running hanya di apple.

Ini terdengar berat awalnya, untuk saya ayang terbiasa melakukan pemrograman website, yang terbiasa menggunakan PHP,¬†javascript, css, HTML. And then…. magic does happen.

Belakangan ini sudah banyak aplikasi mobile yang dibangun dengan teknologi Hybrid, menggunakan pemrograman HTML5, yang terkenal menggunaka platform Cordova yang akan di bundle oleh phoneghap menjadi aplikasi.

Dan amazingnya, sekarang banyak pilihan IDE (Integrated Development Environment) atau tools yang memungkinkan kita membuat aplikasi mobile menggunakan HTML5.

Pilihan IDE nya ada Visual Studio, Intel XDK, Android Studio, Netbean, (oke deh) Eclipse juga.. Banyak, Favorit saya menggunakan Visual Studio. Malas menggunakan yang harus install – install? coba gunakan telerik yang bisa di gunakan di Telerik.com.

Yuk lah.. mulai belajar ngoding..

 

Salam hangat dari mas – mas yang suka ngoding

@tanyasibanu