Pengertian Hosting dan Domain

Ok, jadi begini, artikel ini mungkin artikel terpendek yang pernah dibuat (atau terpanjang?) kita lihat saja apa yang akan terjadi pada artikel ini. Berawal dari sebuah group yang mulai menggunakan web sebagai media mencatat kegiatan, atau cerita atau tulisannya, maka mereka mulai menanyakan apa sih sebenernya Domain itu? Apasih Hosting itu?

Untuk mempunyai web itu sebenrnya ada beberapa cara, tapi mari kita bagi dua, Gratisan dan Yang Bayar

Web Gratisan

Kalau kalian sering googling ketika mencari sesuatu, pasti kita sering nemu web – web yang pake blogspot.com atau wordpress.com. Nah in adalah penyedia web blog gratisan. Cirinya yaitu ada nama pemiliknya, misal : siudin.blogspot.com atau siudin.wordpress.com

*siudin, bukan nama sebenarnya

 

Web Yang Bayar

Untuk yagn berbayar, kita bisa bebas menggunakan lamat website sendiri, nah Alamat website adalah yang disebut dengan DOMAIN, jadi domain adalah alamat ke website kita yang akan diingat oleh pembaca.

Ketika kita memutuskan untuk memiliki web yang bayar, pertama kita harus membeli alamat dulu (domain) lalu kita beli rumahnya (Hosting). Hosting adalah tempat kita menyimpan semua file yang digunakan website kita. Jadi kalo kita punya alamat website sama dengan kita punya domain. Dan kalau kita punya rumah untuk web kita, itu adalah hosting.

 

Gimana? masih bingung? sama, tapi paling engga kita tidak buta banget dengan yang namanya domain hosting, atau setidaknya jika nanti ditanya sama calon mertua apa itu domain, apa itu hosting, kita sudah tau..

 

Demikian, sekian dari saya yang iseng ini.