Antara Keamanan Negara dan Privasi Pengguna – Aplikasi telegram diblok di Indonesia

Beberapa hari yang lalu sebelum artikel ini tayang, ada satu peristiwa yang cukup viral dan menjadi bahan perbincangan banyak orang Indonesia, khususnya mereka para netizen dan para penumpul nomor handphone untuk dijadikan group dan menyebar iklan didalamnya.

Yup, isu yang hangat, telegram di block, walau baru halaman webnya yang ke block, tapi tetep bikin heboh seanteor netizen Indonesia, karna banyak yang menggunakan Telegram di Indonesia.

Lalu sebenernya apa alasan Kominfo mem-blokir telegram? karna telegram jadi ajang menyebarkan ajaran sesat (_jangan kaitkan dengan SARA_).

Pertanyaannya, kenapa mereka lebih memilih menggunakan telegram untuk mengajarkan kesesatan kebencian dan kebohongan? karna telegram adalah aplikasi yang benar – benar memberikan tingkat privasi yang tinggi bagi penggunanya.

Dengan masuknya kominfo ke dalam ‘tubuh’ telegram dengan meminta report nomor pelanggan yang digunakan utnuk melakukan penyelidikan tindak kejahatan, maka secara sadar dan tidak langsung, telegram telah menurunkan tingkat privavsi aplikasinya..

Namun jika itu alasannya, saya termasuk yagn setuju.. bagaimana dengan Anda?